30 Hari Menulis Cerita,  Review

Fim Favorit – Part 1 (The Shawshank Redemption)

The Shawshank Redemption

Pas melihat tema Film Favorit di hari keempat program Kubbu 30 Hari Menulis Ceritanya, aku pikir tema ini akan mudah kubuat. Setelah seharian berpikir aku masih bingung suka film apa. Sudah nyambi nonton seriesnya Emily in Paris tetep nggak nemu ide juga. Sampai aku kepikiran mau review series ini aja. Hahah.

Nggak sengaja aku lihat thread di twitter tentang Film Favorit. Setelah scroll komen, jadi inget beberapa film yang aku suka dan pengen aku rekomendasikan untuk ditonton. Tapi kali ini aku hanya rekomendasi kan 1 film saja. Seperti judulnya kita akan buat part selanjutnya.

Sinopsis

Menceritakan tentang tokoh Andy Dufresne seorang bankir sukses yang dituduh membunuh istri dan selingkuhan istrinya. Masalahnya Andy mabuk di hari pembunuhan istrinya. Sehingga Andy tidak memiliki ingatan tentang kegiatannya di hari itu. Jadi ketika jaksa mengajukan tuntutan, Andy tidak bisa membela diri sama sekali. Sampai akhirnya dia harus menjalani hukuman dua kali seumur hidup di penjara Shawshank.

Awal masuk penjara, Andy jadi sosok yang pendiam. Mungkin tidak menyangka kehidupannya jungkir balik. Sampai akhirnya Andy menghampiri Red untuk  membeli palu batu. Red ini adalah pemasok barang-barang ilegal di penjara. Dari sinilah Andy mulai beradaptasi untuk menjalani hidupnya di penjara.

Suatu hari Andy mendapat giliran untuk melakukan pekerjaan di luar penjara. Ketika sedang beristirahat, dia mendengar tentang sipir penjara yang pusing karena harus membayar pajak yang tinggi untuk warisannya. Karena latar belakang bankirnya, Andy jadi memberi saran perpajakan untuk sipir penjara itu. Dari kejadian itu Andy  makin terkenal di kalangan sipir penjara sebagai pemberi saran keuangan.

Andy tidak berhenti dengan kegiatan memberi saran keuangan. Dia juga melakukan perubahan lain di penjara yaitu memperbaiki perpustakaan. Perpustakaan dibuat lebih besar dan baik. Bahkan di bawah pengelolaan Andy, perpustakaan penjara bisa memfasilitasi para napi untuk mengikuti ujian penyetaraan. Hingga setelah dua dekade kehidupan penjaranya Andy akhirnya menemukan alasan untuk melarikan diri dari penjara Shawsank.

Kesimpulan

Di film ini aku melihat sosok Andy walaupun ada di penjara kepribadiannya tidaklah berubah. Dia tetap pria yang terhormat dan berkelas. Seperti ungkapan yang diucapkan Red “Ada beberapa  burung yang tidak harus berada di dalam sangkar. Bulu mereka terlalu indah untuk disembungikan.”

Selain menceritakan perjuangan Andy di Penjara. Di film ini juga diceritakan tentang persahabatan ala-ala penjara yang menyenangkan. Ada cerita geng penjara yang jahat. Serta tingkah sipir penjara yang semena-mena.

Alur ceritanya sangat menarik, rapi dan tidak ada scene yang berlebihan. Penampatan emosinya pun sangat tepat di setiap adegan. Twistnya keren pas akhir-akhir sebelum dia kabur dari penjara. Oya aku baca film ini juga mendapat nomer 1 rating IMDb. Nah buat yang belum nonton, ini rekomen banget.

 

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *