Skincare

Battle Sabun Muka, Mana yang Terbaik (Bagian 3). Review Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser.

Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser
Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser. Pict by avoskinbeauty.com

 

Melanjutkan battle sabun muka, akhirnya sampai juga di produk terakhir. Kali ini aku akan mereview produk sabun dari brand Avoskin yang bernama Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser. Avoskin ini adalah salah satu brand lokal Indonesia, salah satu brand yang aku suka.

 

AWAL KETERTARIKAN MENCOBA AVOSKIN

Sebenernya brand lokal ini sudah lumayan lama mengeluarkan produk-produk skincare. Produk yang paling terkenal dari brand ini adalah Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE) yang konsepnya mirip-mirip sama Facial Treatment Essence (FTE) dari brand SKII yang super terkenal dan mahal itu. Lumayan banget untuk pilihan opsi produk yang lebih affordable. Buat yang nggak tahu perbandingan harganya, FTE SKII untuk ukuran 75 ml harganya 900 ribu rupiah. Sedangkan PHTE Avoskin ukuran 100 ml harganya 300 ribu rupiah.

SKII FTE
SKII FTE yang super terkenal dan harganya mahal itu
Avoskin PHTE
Avoskin PHTE yang jadi dupe SKII FTE

Dengan persaingan brand lokal yang makin kompetitif, Avoskin pun makin inovatif dalam memproduksi skincare baru. Salah satu yang mencuri perhatian aku adalah Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser. Sebelum Avoskin, aku jarang banget nyobain produk skincare lokal. Ini tandanya trust aku sama brand ini lumayan tinggi.

Salah satu hal yang membuat aku tertarik mencoba sabun muka dari Avoskin ini sebenernya bukan karena embel-embel bahan yang dipakai atau teknologinya. Tapi campaign ramah lingkungan yang dibawa oleh Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser ini. Konsep ramah lingkungan dipakai pada packagingnya yang merupakan turunan bahan yang sustainable dari tebu.

 

REVIEW PRODUK

Packaging dan Harga

Seperti yang sudah aku sebutkan diatas packaging Avoskin Sublime Facial Cleanser ini udah bikin aku bias banget dengan konsep ramah lingkungannya. Selain itu desainnya pun minimalis dengan warna yang gemesin juga. Udah lah aku sold banget sama packingnya.

Sabun ini dikemas dalam ukuran 100ml sehingga travel friendly sekali. Udah nggak perlu wadah-wadah lain buat bawa traveling. Tinggal masukin pouch mandi aja beres.

Avoskin Sublime Facial Cleanser ini wadahnya sama seperti ketiga sabun lainnya yang punya tutup fliptop. Dan nggak kayak si Cosrx yang tutupnya suka berasa nggak rapat, Avoskin tutup fliptopnya mantep. Jadi yakin kalo udah ketutup rapet.

Produk ini dijual dalam ukuran 100 ml dengan harga sekitar 109 ribu rupiah di website mereka. Tapi kalian bisa juga beli di Sociolla atau E-commerce kayak Shopee di official store mereka. Mereka juga sering diskon sih kalo ada tanggal cantik gitu biasanya bisa sampai harga 85 ribuan gitu.

Harga Avoskin di Sociolla
Harga Avoskin di website Sociolla

Tekstur Produk

Sama kayak Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser tekstur Avoskin Facial Cleanser ini adalah gel bening. Tapi kalau Corsx lebih encer dan runny, si Avoskin ini lebih kentel, lebih jelly gitu. Jadi pas mencet produknya keluar juga kayak nggak kuatir keblabasan. Untuk lama pemakaian, dengan ukuran 100 ml aku sih bisa tahan 2-3 bulan jadi lumayan nggak boros banget.

 

 Kandungan Produk

Avoskin mengklaim produknya bebas SLS, Bebas Alkohol, Bebas Paraben, Bebas Pewangi, Bebas Silikon dan tidak melakukan animal testing. Selain itu sabun ini dibuat dengan bahan minimal sehingga meminimalisir allergen yang membuat reaksi kurang baik pada kulit. Dengan klaim diatas Avoskin Sublime Facial Cleanser harusnya ramah terhadap semua jenis kulit.

Selain itu mereka juga mengandung marula oil sebagai ingredient yang memberikan kelembapan. Serta kale ekstrak, kaktus ekstrak, dan niacinamide sebagai agent yang mencerahkan dan membantu memperbaiki fungsi skin barrier. Klaim lainnya adalah 99% serum infused ingredient sehingga kebaikan bahan yang terkandung dalam sabun ini bisa memberikan efek baik juga untuk kulit walaupun sabun sudah terbilas.

Oh ya seperti Corsx, Avoskin Sublime Facial Cleanser ini juga mengklaim sebagai sabun muka dengan pH rendah atau Low pH. Seperti yang pernah aku bahas sebelumnya, sabun dengan pH rendah harusnya lebih tidak kering di kulit karena sudah disesuaikan dengan pH alami kulit. Namun aku tidak menemukan sumber yang mengatakan berapa besaran pH sabun ini.

Kandungan Avoskin
Kandungan Avoskin yang aman untuk all skin type. Source Pict by avoskinbeauty.com

 

HOW I FEEL ABOUT THIS PRODUCT

Berbeda dengan Cosrx Low pH, walaupun Avoskin Sublime juga memiliki tekstur gel bening tapi busanya sedikit lebih ada ketimbang Cosrx. Jadi nggak perlu mencet sabun banyak-banyak. Walaupun kalau dibandingkan dengan senka jelas busanya kalah jauh ya. Karena Avoskin ini sudah klaim kalo dia bebas SLS (foaming agent).

Feeling setelah cuci muka pakai Avoskin juga masih lembab. Mungkin karena sabun ini low pH sehingga tidak membuat kulit kering. Jadi habis cuci muka masih nyaman banget kalo misal nggak langsung pakai skincare.

Sabun ini juga nggak ada baunya jadi buat yang sensitif sama fragrance sabun ini aman.  Kalau masalah wangi jujur aku lebih suka wanginya Cosrx yang ada campuran obat dan citrus. Hahah. Asalkan bukan yang wanginya kebangetan aku masih oke sih. Kalau udah yang wangi banget biasanya aku menghindar banget karena fragrance dalam skincare itu bisa memicu reaksi buruk ke kulit juga. Jadi buat manteman yang kulitnya sensitive, aku sih yes buat pakai sabun Avoskin ini.

KESIMPULAN

Aku sih suka ya sabun ini. Sudah repurchase 2 kali. Tidak ada reaksi negatif di kulit. Juga support produk lokal sih dengan beli produk ini.

Sabun ini cocok untuk semua jenis kulit maupun semua jenis gender kali aku bilangnya. Jadi buat teman-teman yang mau coba, kuy beli Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser di Ecommerce kesayangan teman-teman.

 

KESIMPULAN BATTLE

Oya kesimpulan battle kali ini di rangkum dalam tabel adalah sebagai berikut : (disclaimer penilaian ini adalah penilaian pribadi. Hasil dapat berbeda di kulit yang berbeda)

Perbandingan Senka, Cosrx dan Avoskin

Jujurly (biar keliatan gaul) aku nggak bisa kalau kudu milih Cosrx atau Avoskin. Karena masih suka dua-duanya. Jadi aku rekomendasikan keduanya buat teman-teman. Tambahan kalo mau support lokal produk pastinya beli Avoskin dong. Haha.

 

Masih banyak sabun muka yang pengen dicoba. Kali aja teman-teman mau rekomendasi sabun favorit teman-tema. Jadi apa sabun favorit teman? Komen di bawah ya.

 

28 Comments

  • Lalaysf

    Aku kebetulan lagi mencoba lepas cream dokter seperti yang sudah aku curhat kan padamu via whatsapp, ini kayaknya cocok buat kulit sensitif seperti diriku ini. Free alcohol, paraben, parfume.

    Aku masih seling-seling sih facial washnya dan masih bertahan dengan cetaphil hahahaha

    Btw kalo kandungan kaskus di kulit manfaatnya apa ya? Aku masih bertahan dengan centella asiatica untuk skin barrier karena sama si siput aku kurang cocok.

  • Febi

    Gw tipe orang yang bisa dibilang jarang coba2 ganti sabun muka..
    Udah hampir 5 th ini, gw cuma pk pembersih muka Wardah yg kemasannya warna oranye..
    Pernah sekali, coba ganti ke wardah yg warna ungu, eh di gw ga cocok cz kulit jd kering..
    Jd semenjak itu jadi makin males upgrade pengalaman soal sabun pembersih muka..hehe..
    Mau tanya, kalo semisalkan coba2 pengalaman baru dg ganti2 pembersih muka, kira2 selama ini ada efeknya ga?..

    Thanks infonya 🙂

  • Deny Oey

    Sebagai orang yang waktu kecil menggunakan sabun badan batangan buat sabun muka, baca ini pun jadi dapat pencerahan kalau dunia perawatan muka bener-bener luas.

    Btw, gw punya sabun muka favorit. Tapi semenjak pandemi barangnya ud gak pernah nongol lagi, bahkan di supermarket besar.

  • RULY

    Setelah membaca dan mengikuti beberapa Tulisannya Mba Leny, yang selalu konsisten dengan Review Skincare, apakah sejauh ini, tidak ada masalah yang Mba Leny alami, terkait produk yang berganti dari satu ke yang lain ? dan apakah memang Mba sengaja ingin mencoba produk yang berbeda atas keinginan sendiri, atau memang anjuran dari Dokter ?

    • Tuty Prihartiny

      Lengkap sudah saya baca review Kak Leni tentang battle sabun muka. Mana yang terbaik ? Sepertinya, semuanya bagus ya. Tinggal kita aja memilih sesuai kondisi masing-masing. Begitukah kak? Namun review mengenai Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser, jadi sesuatu nih bagi saya. Selain berkomitmen sebagai produk ramah lingkungan, kualitas yang setara dengan brand terkenal serta moderate untuk semua jenis kulit. Yang terpenting, juga cocok untuk kulit yang cenderung alergian seperti saya. Kalau selama ini saya, cenderung tidak menggunakan pembersih atau sabun muka. Mungkin ini saatnya saya coba dulu dengan produk Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser…. Terimakasih kak untuk rentetan reviewnya yang mencerahkan.

  • hallowulandari

    aku belum pernah cobain ketiganyaaa lennn! hahhaha, tapi klo dari review tuh kaya avoskin paling menarik di hati aku deh, mulai dari kemasan, warna, tekstur sabunnya dan efek ke kulitnya. Klo klaimnya cocok buat segala jenis kulit semoga emang cocok ya di kulit aku yg cenderung berminyak dan sensitif

  • Rivai Hidayat

    Setuju, sabun muka terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan kulit muka. Jadi terbaiknya menurut masing-masing.

    Setiap orang pasti punya pengalaman masing-masing dengan sabun muka yang pernah dipakai.
    Seperti aku yang belum pernah pakai avoskin. Jadi belum bisa mendapatkan pengalaman tersebut…heuheeuu

  • Dayu Anggoro

    Jadi penasaran apakah sabun muka avoskin natural dan sublime facial cleanser ini cocok untuk kulit laki-laki, secara mayoritas yang pake kedua sabun muka ini kayaknya perempuan yah.

  • Mrs.kingdom17

    Lama lama cocok nih jd BA Avoskin…soalnya abis yg dulu QT kubbu, aku selalu inget Avoskin brand lokal gegara kamu Len..hehehe..next lahh kalau punya duit lebih mau nyobain ini…meski cukup males kalau kudu beli online…aku anak offline soalnya. Hehehe. Tp jujurly aku sepenapsaran itu ama produk2 Avoskin.

  • Dian Restu Agustina

    Aku support lokal ah, pernah coba Avoskin dan oke banget memang, dengan harga lokal kualitas di atas harapan.
    Suka kalau battle review begini, jadi tahu kurang lebihnya , bisa buat rekomendasi saat pilih facial cleanser yang sesuai dengan kulit saya

  • Lisa Fransisca

    Wah suka sekali sama reviewnya, Kak Leni. Sebagai orang dengan banyak alergen, aku juga prefer pakai produk no SLS, no paraben, no silicon, no fragrance. Dan, no animal testing tentunya. Mudahnya sih, prefer vegan & sustainable products. Hahaha.

    Udah sering lihat produk Avoskin dimana-mana, tapi baru kali ini baca review produknya. Komplit bangeeet! Btw, menarik banget nih konsep packagingnya yang sustainable dari tebu. Penasaran deh Kak, kalau packagingnya dibuang, apakah dia mudah terurai? Atau dia bisa dikembalikan ke tokonya dan dipakai berkali-kali seperti campaign produk skincare lain?

  • Mariaa

    Mantap sampe dibikin tabel perbandingannya. Bermanfaat banget buat aku yang awam. Pas baca awal-awal banyak kandungan dan istilah-istilah yang belum familier. Mungkin harus banyak belajar lagi nih tentang skincare.

  • EkaRahmawatizone

    Cosrx dan avoskin belum pernah coba nih kak. Sampai saat ini masih setia sama senka. Yg aku suka sama senka tuh dia gak bikin kulit kering, isinya banyak dan harganya juga terjangkau banget. Di Sociolla sering juga adain diskon. Jadi makin loveee sama produk satu ini 🙂

  • Clara Kinasih

    Temen I juga rekomendasiin Avonskin yang katanya cocok dengan kulit wajahnya.
    Belum sempet coba dan masih bertahan dengan merk awalan “P”.
    Tapi sama brand lokal ini, I pribadi salut bgt.
    Dia mampu bersaing secara kualitas dan harga dengan merk-merk yang lebih dulu bermunculan.

  • Diah Sally

    Len, gue penasaran deh haha, kamuh kalau review gini butuh berapa lama nyoba produknya baru review?

    Karena biasanya kan produk2 kecantikan ada yang lama keliatan efeknya.

    Akuh masih takut kakau skin care-an ga pakai resep dokter kulit, maklum kulit sensitif dan parno gara2 dulu pernah parah muka gue 🙁

  • Anni NS

    Seneng baca reviewnya kak Leni selalu aku tuh hehe dan menurutku yang bikin produk Avoskin jadi menarik itu adalah konsep ramah lingkungan yang digunakan pada packagingnya. Keren banget sih itu produk lokal dan peduli lingkungan juga, dari turunan tebu dibikinnya, so creative! Love it
    Dengan menggunakan produk tersebut juga kita turut mendukung hidup dn berkembangnya produk lokal selain tentunya merawat kulit wajah dengan produk yang aman. Maju terus untuk produk lokal!

  • dea merina

    ngeliat packaging nya aku jadi keinget sunscreen avoskin yang the great shield ituuuu yang ijooo juga
    ini satu series kali ya?
    kalo facial wash nya aku belum pernah coba sih
    ini cocok buat kulit kombinasi nggak ya mbak?
    jadi pengen cobain hehe

    • lenifey

      Iya warna packagingnya hampir sama ya sama sunscreennya. mereka keluarnya deketan sih tapi kayaknya bukan series yang sama. kalo menurut aku sih cocok ya kak untuk kulit kombinasi. soalnya aku yang kulitnya sensitif mayan cocok sama sabun ini karena dia low pH gitu. kuy kak cobain apalagi bentar lagi 9.9 siapa tahu diskonnya wow gitu. hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *