Skincare

Battle Sabun Muka, Mana Yang Terbaik (Bagian 2). Review Cosrx Low Ph Good Morning Cleanser

Cosrx Low pH Good Morning Cleanser
COSRX
Source by sociolla

Sesuai janji di artikel sebelumnya untuk battle sabun muka. Di part 2 ini aku akan review produk  Cosrx Low pH Good Morning Cleanser. Oya buat yang nggak tahu brand ini, cara bacanya Cos-R-X ya.

 

Baca juga : BATTLE SABUN MUKA, MANA YANG TERBAIK (BAGIAN 1). REVIEW SENKA PERFECT WHIPS

KENALAN DENGAN COSRX

Cosrx adalah salah satu dari banyak brand yang berasal dari Korea Selatan. Nama COSRX sendiri adalah perpaduan antara kata ‘Cosmetics’ dan RX yang dalam dunia farmasi berarti ‘Prescriptions’. Cosrx memiliki konsep produk yang ramah terhadap kulit sensitif. Karena memiliki konsep sensitive skin safe, ini berarti produk akan aman dipakai untuk semua jenis kulit.

Buat teman-teman yang tertarik membeli produk brand ini. Tidak perlu resah. Karena Cosrx sudah resmi masuk Indonesia dan sudah dijual baik offline maupun online.

Untuk pembelian offline teman-teman bisa membeli produk ini di Watson. Untuk pembelian online kalian bisa membeli di laman Sosiolla. Sering banget mensyen Sosiolla ya. Haha.

 

ALASAN TERTARIK MENCOBA COSRX 

Sesuai Namanya Cosrx Low pH Good Morning Cleanser, sabun ini memiliki pH yang rendah. Apabila teman-teman ingat pelajaran kimia di sekolah, pH dibagi menjadi 3 yaitu asam untuk pH 1-6, netral untuk pH 7 dan basa untuk pH 8-14. Sabun ini memiliki pH yang rendah yaitu asam.

Sebagian besar sabun baik sabun badan maupun sabun muka biasanya memiliki pH yang tinggi atau Basa. Namun kulit kita secara natural punya pH yang rendah alias asam. Jadi inilah alasan kenapa teknologi Low pH dalam sabun diperlukan. Sabun dengan pH rendah menyesuaikan keadaan asli kulit kita.

Bukan berarti sabun yang pH nya tinggi jelek ya. Tetapi kecenderungannya sabun dengan pH tinggi biasanya membuat kulit lebih kering. Nah kulit yang kering ini kurang baik. Karena itu berarti barrier (perlindungan) kulit hilang. Kalau barrier kulit rusak berarti kulit akan lebih rentan terhadap gangguan dari luar seperti misalnya bakteri penyebab jerawat.

 

REVIEW PRODUK

Packaging dan Harga

Cosrx Low pH Good Morning Cleanser dikemas dalam 2 ukuran yaitu 50 ml dan 150 ml. Kemasannya plastik warna putih dengan tutup fliptop. Menurut aku Packagingnya sangat menarik. Karena designnya yang bersih.

Sayangnya menurut aku, beberapa kali beli produk ini aku mendapat tutup yang sepertinya kurang rapat. Entah hanya perasaan saja atau bukan. Tapi tutupnya nggak bisa sampai bunyi klik layaknya tutup fliptop pada umumnya apabila tertutup rapat. Tapi produknya nggak bocor sih, jadi aman. Cuma jadi agak waswas tumpah. Kan sayang kalau tumpah.

Sayangnya lagi kalau teman-teman membeli ukuran full sizenya nggak akan bisa masuk kabin pesawat. Karena ukurannya 150 ml. Jadi kalau mau bawa pergi harus masuk koper yang ditaruh di bagasi. Tapi kalau mau tetap pengen dibawa ke kabin, teman-teman bisa membeli travel size ukuran 50 ml atau bisa juga dipindahkan ke wadah lain.

Untuk harga, ukuran 50 ml dibandrol sebesar Rp. 59.000 dan untuk ukuran 150 ml dihargai dengan Rp. 149.000. Menurutku harganya bukan yang murah banget ya kalau dibandingkan dengan Senka kemarin yang harganya dikisaran 60 ribu untuk ukuran 150 ml. Tetapi buat teman-teman yang tertarik beli, di website Sosiolla suka diskon upto 40% jadi harganya bisa 90 ribu saja untuk ukuran 150 ml. Jadi lumayan terjangkau.

Beli Cosrx Low pH Good Morning Cleanser di Sociolla
Cosrx Low pH Good Morning Cleanser di Ecommerce (Sociolla)

Tekstur Produk

Produk Cosrx Low pH Good Morning Cleanser ini berupa gel bening yang lumayan encer. Produknya juga bukan yang berbusa banyak banget. Busanya sangat minim bahkan. Jadi kadang kalo aku ngerasa kurang berbusa aku suka nambah produknya gitu.

Tapi untuk ukuran boros enggaknya aku masih nggak tahu. Karena selama ini aku selalu pakai kalau pas cuci muka pagi hari aja. Tapi 2 bulanan ini aku coba pakai full pagi dan sore masih ada sih sabunnya. Jadi untuk ukuran 150 ml 2-3 bulan mungkin cukup.

Tekstur Cosrx Low pH Good Morning Cleanser
Tekstur Cosrx Low pH Good Morning Cleanser
source by sociolla

Kandungan dalam Produk

Mengutip dari laman skincarisma, kandungan dalam Cosrx Low pH Good Morning Cleanser lumayan “clean”. Karena dia paraben free, alcohol free, sulfate free, silicone free, allergen free. Dari kandungan tersebut menurutku Cosrx Low pH Good Morning Cleanser akan safe buat yang kulitnya sensitive, walaupun masih tidak fungal acne safe.

Selain itu ada ingredient yang berguna untuk melawan jerawat. Sehingga buat teman-teman yang mungkin sedang struggle dengan jerawat bisa mempertimbangkan juga memilih produk ini. selain itu dicantumkan juga pH level produk yang berada di pH 5. Sehingga dapat membuktikan klaim produk yang mengatakan low pH.

kandungan dalam Cosrx Low pH Good Morning Cleanser
kandungan dalam Cosrx Low pH Good Morning Cleanser

How I Feel About This Produk

Karena Cosrx Low pH Good Morning Cleanser busanya sedikit jadi feeling setelah cuci muka tuh lembut dan masih lembab. Jadi abis cuci muka tuh kulit nggak berasa ketarik dan nggak buru-buru pengen skincarean. Biasanya kalo sabun muka yang keset dan bikin ketarik aku suka cepet-cepet pengen skincarean karena terlalu kering.

Awal mencoba, aku pakai sabun ini buat penyeimbang sabun Senka. Jadi aku pakai Cosrx di pagi hari, senka di malam hari. Karena kalau aku pakai Senka di pagi dan sore berasa kulit makin kering.

Tapi belakangan karena Senka udah abis, aku pakai produk ini full di pagi dan sore hari. Dan aku ngerasa lebih lembab kulit aku. Jadi nggak terlalu kering lagi. Kalau kulit nggak kering, skin barrier (pelindung kulit) akan terjaga. Jadi nggak gampang jerawatan atau kalaupun jerawatan akan lebih cepat sembuh.

Mungkin nanti di artikel yang lain aku akan bahas tentang Skin Barrier

Oya sabun ini ada baunya. Tapi baunya tuh tipis banget dan slightly kayak bau obat gitu. Tapi bukan yang nggak enak ya. Ini baunya nggak ganggu sama sekali kok. Enak malahan kalo menurut aku. Haha.

 

KESIMPULAN

Aku suka banget sih sama hasil yang dikasih produk Cosrx Low pH Good Morning Cleanser di aku. Lembut dan nggak ketarik. Walaupun hanya cleanser tapi ini lumayan improve sama kondisi kulitku. Buat yang kulitnya berminyak tapi dehidrasi kayak aku rekomen banget.

Sabun ini menurutku cocok banget buat semua tipe kulit. Untuk kulit kering, berminyak, apalagi yang sensitive dan mudah jerawatan. Aku akan repurchase sih fix (kalau diskon) wkwk.

 

 

 

 

 

37 Comments

  • Rivai Hidayat

    Ngomong-ngomong soal jerawatan, sdah lama aku ga merasakan namanya jerawatan. Mngkin hormon sdah mulai stabil kali…wkwwkwk

    Dulu, pilihan sabun muka hanya itu-itu saja. Kini rasanya banyak sekali pilihan sabun muka. Tinggal pilih yang sesuai dengan kondisi kulit dan isi dompet 😀

  • Febi

    Tulisannya oke, soalnya ada ciri khasnya Leni yaitu bahas soal kosmetik sekaligus mewakili kesukaan anak-anak komunitas bpj pada umumnya yaitu relate sama travelling pada poin soal tips pas beli di ukuran 150 ml 😀

    Oia, ada rencana mau buat youtube soal ini juga ?
    Soalnya info ini oke..

    Nice post!

  • Antin Aprianti

    Antin si pemula ini mulai galau, kemarin keracunan Senka langsung beli dan cobain. Enak juga ke kulit dan suka karena busanya banyak, eh sekarang ada baru lagi.

    Btw len, ditulisan Senka kemarin kan katanya sebenarnya facial wash yang banyak busanya itu bagus jadi tangan nggak menyentuh langsung ke kulit. Nah kalau ini kan nggak terlalu berbusa tuh, jadi tiap brand beda-beda gitu klaimnya ya?

  • RULY

    Review yang sangat menarik Mba Leni, tapi memang ukuran 150 ml keatas memang sedikit dilematis kalau dibawa naik pesawat, saya pernah pernah transit di Kuala Lumpur sebelum balik Ke Medan, tas saya memang isinya hanya shampo & peralatan Mandi Lainnya, dari Jakarta memang tidak ada Masalah, namun pas di Bandara Kuala Lumpur Sampho & Listerine harus ditinggalkan, sedikit kecewa memang apalagi saya juga baru beli.

  • Deny Oey

    Wow, Leni akhirnya mukai merambah jadi beauty blogger. Apalah aku yang soal peralatan sanitari hanya seadanya saja dan tak mengerti soal perbedaan merk sabun A,B,C atau D.

  • Mrs.kingdom17

    wahh lama-lama kamu jadi racun blog nih Len, selalu tertarik sama produk yang kamu review, kemarin senka sekarang Cosrx…tapi kalau disuruh milih kayaknya aku mau coba yang ini deh lebih cocok untuk kulit aku yang rentan jerawatan…udah tersedia di indo/alfa terdekat belum sih produk ini?

  • Mariaa

    Baca ulasan ini bikin makin teliti deh kalo mau beli skincare. Selama ini belinya ngasal yang enak dan cocok aja. Hehe.

    Baru tau nih aku kalo skincare / toiletries ukuran 150 mL ke atas bisa dilarang masuk kabin. Alasannya apa ya?

  • Ning!

    Reviewnya lengkap dan informatif banget kak, bikin yang baca pengin nyobain Cosrx juga. Apalagi yang gampang keracunan kayak aku, haha

    Kayaknya harus belajar sama Kak Leni nih kalau mereview produk skincare. Diksinya bagus banget!

  • hallowulandari

    aku belum pernah cobain Corsx sih len, tapi dari reviewnya kamu kebayang nih ya tekstur nya lembut jelly gitu di muka? aku seneng kalau teksturnya gitu, jadi di muka tuh bisa terasa lembut dan auto kenyal hahhaa

  • Pingkan Mayesty Yudita

    Leeeeen… seru ish bahasan sol skincare nya. Bahasanya juga bikin makin penasaran deh. Btw, klo soal sabun muka gw cm bisa pake St.Ives, males gonta-i produk lain, paling cuma gonta/i variannya doank. Btw, aku lagi penasaran sama si Cosrx yang tonnernya. Kamu minat buat review ga? hahahaha… Lagi mo coba2 ganti merk nih.

  • Dian Restu Agustina

    Iya ya..dari 50 ml ke 150 ml ukurannya…ga ada yang medium size. kalau harga agak pricey sih menurutku, cuma kalau Sosiolla suka diskon upto 40% jadi harganya bisa 90 ribu saja untuk ukuran 150 ml ya mayan banget tuh
    Btw suka packaging Cosrx, seger warnanya

  • Nia Devy

    Suka banget tulisannya detail banget asli kak, udah liat produk ini sebelumnya tapi masih ragu buat nyoba.
    Nah kebetulan juga aku pakai senka untuk cleanser foamnya, sama kak agak ketarik gitu. Bisa jadi solusi untuk pemakaian pagi/ sorenya nih. Semoga cocok.

  • Lalaysf

    DULU DIRIKU PAKE INIIII HAHAHAHAHA. Beli di sociolla. Tapi aku kurang sreg, soalnya pas pakai tuh ada kayak bau bau arang menyengat. Apa perasaan aku aja ya? Akhirnya aku nyerah balik dokter kulit. Hahaha. Btw review senka dong yg pink.

  • Felly

    Waaa this cleanser is my favourite since 2015

    Kenal Cosrx sejak belum masuk Indo dan masih harus nitip2 temen yang ke korea

    Sampe sekarang, cleanser ini masih jadi favouritw comfortzone kulit sensitif, acne prone will love this product ♥️

  • Talif

    Poin terakhirnya, bakal beli lagi kalau diskon ya. Wkwkwk. Tapi saya penasaran, buat sabun dengan pH asam itu sepertinya sulit karena saponifikasi umumnya pH basa. Jangan2 pakainya buffer pH.

  • Tuty Prihartiny

    Hai Kak Leni, pertama-tama saya mau bilang, terimakasih ya untuk penjelasan ilmiahnya mengenai ingredients produkct cleanser baik di tulisan tentang Senka dan Sekarang tentang Cosrx Low pH Good Morning Cleanser. Saya sempatkan baca ulang, untuk memutuskan apakah sudah saatnya saya menggunakan product cleanser. Terimakasih rekomendasinya ya kak.

  • Oktanti Hapsari

    Aku pas bgt lagi banyak2nya jerawat, ga ngerti knp haha. Baca info ini jadi pengen coba sabun cuci mukanya juga, kayaknya seru. Soalnya kulitku lagi sensitif bgt, tiap keluar rumah ada aja yg nongol satu dua jerawat haha

  • EkaRahmawatizone

    Jujur ya pemberish muka si low pH ini juga JD wish list aku. Tapi sampe sekarang belum sempet coba. Karena si Senka Perfect Whip belum habis dan harganya jauh bgt sih sama cos RX ini.

    Tp udah baca review dan nonton beauty blogger lain. Kayaknya gak ada deh yg bilang klo produk ini jelek hehe

  • Beni

    Mba Leni suka nonton youtube channelnya raditya ya?

    Aku suka cara reviewnya. Jelas. Aku juga jadi suka perhatiin Ph kalo beli sabun perawatan kulit. Karena kulit aku suka kering.

  • Cha

    Lagi trend y produk korea, tapi saya pribadi gak berani gonta ganti skincare karena rada sensitif nih kulit muka, btw nice share mungkin saya bisa inpokan keteman lainnya mengenai produk ini

  • Anni NS

    Rasanya seneng kalau ada produk yang bisa cocok untuk semua jenis kulit. Rasa cukup aman untuk mau mencoba itu jadi ada, tidak ragu. Ditambah lagi bila sudah nembaca ulasan produk seperti yang kak Leni tulis, cukup jelas, lengkap juga menarik. Bermanfaat sharing tulisannya jadinya, terimakasih kak Leni..suka sama tulisannya

  • Hallowulandari

    Aku belum pernah cobain corxs len! Tapi kebayang nih saya teksturnya yg lembut di muka dan jadi moist gitu yaa tekstur muka kita. Aku juga lagi pake facial wash yg serupa gitu teksturnya. Enakkk

  • Anni Nurlina

    Rasanya seneng kalau ada produk yang bisa cocok untuk semua jenis kulit. Rasa cukup aman untuk mau mencoba itu jadi ada, tidak ragu. Ditambah lagi bila sudah nembaca ulasan produk seperti yang kak Leni tulis, cukup jelas, lengkap juga menarik. Bermanfaat sharing tulisannya jadinya, terimakasih kak Leni..suka sama tulisannya

  • Lalaysf

    Aku dulu pakai ini, tapi kurang suka sama baunya gitu. Terus pindah senka. Eh malah jerawatan. Sekarang balik obat dokter. Cocok-cocokan sih ya.

  • Hans

    Aku juga pake produk ini dalam beberapa bulan terakhir.
    Awalnya sih pengen nyoba2 doang karena katanya bagus.
    Pas aku pake emang bagus sih, muka berasa gak ketarik sama sekali seusai penggunaan.
    Cuma emang sih busanya sedikit, bahkan seringkali kek gak ada busanya ahahahha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *