Skincare

Battle Sabun Muka, Mana Yang Terbaik (Bagian 1). Review Senka Perfect Whips

Senka Perfect Whips
Senka Perfect Whips – Source by senka.id

 

Kalau ngomongin sabun muka, ada 3 merek yang dalam 3 tahun ini memberi impresi yang lumayan baik padaku. Mereka adalah Senka Perfect Whips, Cosrx Low PH Good Morning Gel Cleanser dan Avoskin sublime Facial Cleanser. Untuk bagian satu aku pengen mereview Senka Perfect Whips dan setelah bagian 3 aku akan kasih tahu urutan sabun favorit aku.

AWAL KETERTARIKAN  MENCOBA SENKA

Senka Perfect Whip ini adalah salah satu sabun yang lumayan lama aku pakai. Pertama kali keracunan sabun ini jujur karena kena racun youtuber Suhay Salim. Tapi dulu sabun ini tuh masih belum dijual di Indonesia. Jadi Kalo mau beli harus ikut PO Jepang gitu.

Pertama kali memutuskan beli pas lagi travelling ke Jepang tahun 2017 harga disana kalo dirupiahin sekitar 50 ribuan gitu. Murah kalo dibandingkan harus PO. Untungnya nggak lama setelah itu mereka beneran resmi dijual di Indonesia dengan harga sekitar 80an ribu. Tapi makin kesini makin murah kok. Banyak diskon lagi.

Aku tertarik sama Senka Perfect karena sabun ini produksi Jepang yang denger-denger masih satu company dengan Shiseido. Buat yang nggak tahu, Shiseido adalah salah satu brand kecantikan luxury. Yaaah gimana nggak tertarik kalo masih sister brandnya merek mewah. Haha.

 

CIRI KHAS SENKA

Salah satu yang jadi ciri khas Senka Perfect Whips ini adalah busanya yang super banyak. Padahal di beberapa studi menjelaskan, sabun muka yang memiliki busa melimpah cenderung membuat kulit menjadi kering sesudah cuci muka. Hal itu disebabkan oleh kandungan SLS (Sodium Lauril Sulfat) ingredient yang bertanggung jawab sebagai foaming agent.

Nah tapi mengapa Senka masih menjadikan busa melimpah sebagai ciri khas. Rahasianya adalah di cara pemakaiannya. Harus dilakukan dengan cara yang benar.

 

CARA PEMAKAIAN

Bagaimana cara memakai Senka Perfect Whips yang benar?

  1. Keluarkan produk secukupnya.
  2. Usahakan menggunakan net pembuat busa. Karena busa yang tebal hanya bisa menggunakan net pembuat busa.
  3. Buat busa yang tebal menggunakan net busanya.
  4. Setelah busa terbentuk banyak, usapkan busa ke wajah. Usahakan hanya busa yang mengenai wajah.
  5. Setelah busa diusap sempurna ke muka, bilas dengan air bersih.

Buat yang memperhatikan poin pemakaian pasti nggeh kalo kuncinya memang ada di busa. Kenapa hanya busa yang boleh mengenai wajah? Untuk mengurangi gesekan antara tangan dengan muka.

Jadi sebenernya yang jadi masalah adalah gesekannya. Buat teman-teman yang memiliki kulit sensitive, usahakan untuk mengurangi gesekan apapun dengan wajah. Semakin banyak gesekan yang diterima kulit wajah bisa jadi menjadi penyebab kulit sensitif. Jadi kalo cuci muka biasa aja, gais. Gosok mukanya nggak usah kenceng-kenceng.

Busa Tebal Senka
Busanya harus tebal ya biar muka nggak gesekan sama tangan

 

REVIEW PRODUK

Packaging

Senka Perfect Whips yang tipe original (dia ada banyak varian soalnya) ini dijual dalam 2 kemasan 50 gram dan 150 gram. Untuk pemakaian di rumah teman-teman bisa banget beli yang ukuran 150 gram karena harganya pasti juga lebih murah. Tapi kalau mau traveling dan nggak mau repot pindah-pindahin ke wadah kecil, kalian bisa banget beli yang kemasan 50 gram biar nggak berat.

Untuk wadahnya plastik dengan tutup fliptop. Tutupnya kenceng sih menurut aku. Karena produknya kentel banget jadi nggak kuatir juga produknya bakal leaking.

 

Tekstur Produk

Seperti yang aku bilang sebelumnya tekstur produk dari sabun Senka Perfect Whips kentel banget. Tipe tekstur yang lumayan berat. Tapi cepet banget menghasilkan busa.

Kalo kalian nggak mau pakai cara pemakaian seperti yang aku tulis di atas kalian bisa pakai cara mencuci muka biasa. Tapi dikit aja pakainya karena dia busanya beneran banyak banget walaupun nggak pakai foaming netnya. Tapi kalau mau bikin busa yang thick emang harus banget pake foaming net.

Oya karena tipe yang kental dan dipakai sedikit saja sudah berbusa, pemakaian sabun ini sangat awet. Aku bisa tembus 3 bulan lebih pakai yang 150 gram. Mana harganya murah lagi kan.

Harga Senka di Sociolla
Harga Senka di salah satu ecommerce (Sociolla)

 

How I feel about this Produk

Awal-awal pakai produk ini jujur puas banget. Karena dibanding sabun yang aku pakai sebelumnya, after feeling abis cuci mukanya lebih enak kalo pake Senka. Kerasanya lebih halus dan nggak terlalu kering kalau habis mandi.

Tetapi lama kelamaan nggak tahu kenapa kulit aku jadi kering banget kalau habis cuci muka pakai Senka ini. Kulit berasa ketarik. Dan karena kulit terlalu kering akibatnya justru gampang jerawatan.

Mungkin karena keadaan kulit aku juga makin kesini makin berubah, jadi lebih kering, makanya pakai Senka berasa makin kering. Sekarang aku pakai Senka hanya 1 kali sehari  yaitu kalau mandi sore habis pulang kerja. Kalau pagi aku pakai sabun lain yang lebih gentle. Dan memang terbukti kulit jadi nggak terlalu kering.

 

Kesimpulan

Buat yang kulitnya berminyak atau normal menurutku sabun Senka Perfect Whips ini masih worth to try banget kok. Harganya murah, pemakaiannya awet dan awal-awal aku pakai juga aku masih puas banget sama hasilnya. Oya sabun ini juga menuurutku bisa banget dipakai laki-laki dan perempuan. So buat yang penasaran boleh coba.

 

Tunggu artikel untuk battle sabun muka berikutnya ya.

41 Comments

  • Tuty Prihartiny

    Setiap membaca tulisan mengenai skin care, rasanya seperti mengingatkan saya untuk : ayo dong mulai merawat kulit ( utamanya face care ) ! Kak Leni, saya nyaris tidak melakukan hal significant apapun untuk wajah termasuk sabun pembersih muka. Duh parah banget kan? Apa dimulai dengan mencoba Senka Perfect Whips ? Atau tunggu review pembersih muka berikutnya dari kak Leni, ya? Any suggest?

    • lenifey

      tunggu review selanjutnya kaak. hihihi. buat kakak sih lebih cocok 2 sabun yang lain harusnya. cosrx low pH morning gel cleanser atau avoskin sublime cleanser

  • Febi

    Gw yg males baca2 artikel kecantikan, dengan adanya artikel kyk gini jadi ngerasa dibantu buat upgrade pengetahuan disitu..
    Sip, gw suka infonya yg bilang kl pas cuci muka tangan ga boleh gesekan lgsg ke kulit muka krn bisa bikin muka jd kering..
    Btw, kl sabun pembersih mukanya emg di-design busanya ga banyak, brarti sebetulnya kurang bgs dong ya ?..

    • lenifey

      tergantung jenis sabunnya kak. sebenernya sabun yang bagus tuh yang nggak ada SLS nya which mean harusnya nggak ada busa. tapi kalo sabun ini di design banyak busa biar busanya yang “ngegosok”

  • Antin Aprianti

    Aku yang cuci muka masih suka gosok-gosok aja tercengang membaca tulisan ini, aku selama ini nyari sabun cuci muka yang busanya dikit eh ternyata malah bagusan yang busanya banyak atau khusus senka aja yang begini len?

    • lenifey

      tapi emang kebanyakan yang nggak berbusa sih lebih bagus tin. tandanya non SLS atau SLS nya dikit. emang Senka ini khusus sih. ada satu merk lagi yang konsepnya senka. merk luxury gt. tapi aku lupa merk apa

  • Rivai Hidayat

    Ya kali net pembuat busa digesekin ke muka. Yaa bakal berasa kasar lah, da akhirnya muka merah karena gesekan.

    Yaa nanti aku cari ttg sabun muka ini. Baru dengar sih tentang sabun muka ini. Makasih reviewnya kak 😀

    • lenifey

      jangan net nya atuh mas vai sakit tar. haha. netnya buat bikin busanya aja mas.
      maksudnya gesek pake tangan pun itu sebenernya nggak boleh kenceng2

    • lenifey

      jiyuuus pernah nyobain juga? kalo cowok kayaknya bakal cocok sih. soalnya kebanyakan sabun muka cowok juga kayaknya kandungannya lebih kenceng dari sabun cewek

  • Mrs.kingdom17

    Cukup penasaran ama senka perfect whip ini, apalagi abis liat iklannya yg masang muka Yuki Kato yg flawless itu.
    Hahaha, cuma aku agak takut sama busanya malah, ehh ternyata itu justru buat menghindari gesekan ya..

    • lenifey

      iya bang. gosokan berlebihan bikin kulit sensitif gitu. harusnya cocok aja sih ya. skincare itu harusnya genderless. paling cocok apa enggak aja ama kandungannya

  • Dian Restu Agustina

    Wah, kalau sisterbrand-nya Shiseido mau coba juga aku…sekarang ga perlu PO lagi ya, pun ada diskonnya. Memang ga bagusnya sambun muka tuh kadang bikin kering. Bagus juga kalau disiasati begini, pakai sekali sehari yang pagi sabun yang lebih gentle. Thanks review-nya, Kak

  • Ning!

    Aku udah pernah pakai senka ini. Emamg enak sih dimuka, tapi aku nemu dupenya yang mirip senka dengan harga terjangkau kak. Cluenya ada kata whip foamnya juga, hihi

    Lumayan sih, kak. Harganya jauh dari senka tapi rasa nggak beda jauh. Hehe

  • Merry Olivia

    Ajaib ya, busanya banyak tapi malah cocok buat kulit sensitif gitu, kayanya worth to try ya kak len. Nanti ah kalau sabunku sudah habis aku mau coba ini. Hihihihihi. Thank you sarannya.

    • lenifey

      semoga kalo nanti nyobain cocok ya kaak.. 2 sabun yang lain lumayan cocok buat kulit sensitif kak. akan dibahas di tulisan selanjutnya. haha

  • Mariaa

    Aku baru tau nih kalo cuci muka jangan terlalu kenceng gosoknya, bahkan cukup busanya aja ya. Nice info banget buat aku yang awam sama dunia skincare. Penjelasannya juga ringan dan mudah dipahami.

  • Beni

    Aku pernah lihat produk ini di alfa atau indomaret gitu. Sempet mau beli tp diurungkan. Setelah baca artikel ini, bisa nih jd pertimbangan buat beli. Tp bisa gak ya buat cowok. Bisanya aku pake nivea men sih.

  • EkaRahmawatizone

    Tos dulu sama kak Leni aku juga pake Senja Perfect Whip dari tahun lalu. Sampe sekarang gak ada masalah sama sekali. Harganya pun murah banget sih bt brand Jepang yg udah terkenal dan sister company dari Shisheido

  • Lovelypink

    Gw pernah pake senka ini, bahkan sekarang masi ada produknya. Tapi berasa kaya ga cuci muka bersih kalo pake sabun muka begini. Kayanya uda keseringan pake yang ada scrubnya deh, jadi klo yg cm busa gini muka gw kok masi berasa grindilan yah. Or any solution, Len? Soalnya orang bilan cuci muka ga boleh sering2 pake scrub, tapi so far dia ngebantu banget buat ngurangin jerawat, karena pori2 lebih bersih.

  • Anni NS

    Wuihhh menarik, cerita tentang battle dari tiga jenis sabun muka, manakah yang terbaik? Bikin penasaran!
    Senka perfect whip menurutku terdengar menarik, pertama karena made in Japan, kedua harga cukup terjangkau, ketiga manfaat yang nantinya bisa dirasakan.
    Ulasan kaka juga cukup lengkap. Setelah membacanya jadi tahu juga tentang busa yang harus tebal.
    Kalau dari produk senkanya sendiri, ada petunjuk arahan yang memberitahu secara khusus kah, bila produk tersebut diperuntukkan untuk jenis kulit apa kak..
    Ditunggu battle sabun muka berikutnya. Seru! Suka❤❤

  • Mamak Rempong

    pake produk jepang paling banter hadalabo, belom pernah nyobain yang ini. kalo untuk kulit muka campuran (ada kering ada berminyak) cocok ga beb?

    ga sabar nunggu review selanjutnya

  • Sri Raditiningsih

    Kak jadi untuk senka ini kandungan SLS nya banyak engga sih? Kaya yg Kaka tulis diatas kalau sabun cuci muka yg semakin banyak busanya itu berarti kan banyak SLSnya, atau ada inggredients lain yg jadi pemicu si busa jadi banyak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *