Skincare,  Travel

Basic Skincare buat Traveling

 

Buat cowok-cowok yang mampir ke tulisan ini, plis jangan skeptis atau malah langsung tekan tombol back. Tulisan ini sudah aku pikirkan dengan sangat matang supaya nggak hanya berguna buat wanita. Tapi bisa juga dipakai sama cowok.

Kebanyakan cowok-cowok beranggapan pakai skincare itu lenjeh, kecewek-cewekan atau nggak penting. Mindset inilah yang enggak bener. Skincare itu tujannya buat menjaga dan mencegah lo guys. Nah biar makin jelas kita bahas sambil jalan ya. Jadi apa saja sih yang perlu dibawa saat jalan-jalan.

First Cleanser

Belum apa-apa kok ya first cleanser. Jangan-jangan ada yang kedua, ketiga, keempat. Tenang teman-teman di jelasin dulu ya. Jadi first cleanser itu apa? First cleanser ini adalah produk yang dipakai sebelum cuci muka. Duh ribet banget sih. Buat yang cewek ini wajib banget ya. kan cewek suka dandan tuh. Nah buat yang cowok ini optional kok, tapi bisa jadi pertimbangan.

Sebenernya first cleanser ini banyak macemnya, tapi saya mau rekomendasi dua produk aja yaitu Micellar Water dan Cleansing Wipes (tisu basah khusus muka). Buat yang mau ribet atau buat cewek-cewek aku saranin bawa micellar water soalnya kalo make ini kudu bawa kapas. Nah buat yang nggak mau repot pakai tisu basah khusus muka juga boleh.

Buat cewek kalo pakai make up, suka belum bersih loh kalo hanya cuci muka pakai sabun. Jadi fungsinya first cleanser ini buat angkat makeup yang nempel di muka terlebih dahulu. Nah kalau buat cowok, tahap ini boleh dipakai boleh juga skip aja. Tapi buat yang hobi naik gunung, ini penting banget apalagi kalo di gunung nggak ada air. Lumayan buat menghemat air. Bersihin dulu mukanya guys sebelum tidur. Kan bersih itu pangkal indah ya.

lenifey_micellar water
Micellar Water
Gambar dikutip dari website garnier
lenifey_tisu wajah
Tisu Basah Untuk Wajah.
Dikutip dari Laman Simple Skincare

Cleanser

Nah ini yang pentingnya dan pasti semua orang bawa. Kalau yang ini enggak bakal dibilang kayak cewek kok. Hahah. Habis jalan-jalan muka kan penuh debu ya. Wajib memang cuci muka tuh. Jadi mau tidur cuci muka biar bersih. Paginya cuci muka lagi biar seger.

Pilih pembersih yang lembut dikulit. Jangan terlalu sering menggunakan pembersih muka yang mengandung scrub didalamnya. Terutama untuk yang kulitnya sensitive dan mudah berjerawat. Pembersih muka yang baik adalah pembersih muka yang setelah kita gunakan untuk mencuci muka kulit tidak terasa ketarik.

lenifey_sabun wajah
Sabun Cuci Muka
Gambar dikutip dari website Ponds

Pelembap

Bacanya kok dah bikin males ya. Duh ini yang cowok juga harus pakai pelembap? Iya guys harus pakai wajib. Fungsinya pelembap ini untuk mengontrol kelembapan di kulit wajah kita. Sehabis melakukan aktivitas membersihkan wajah, kulit biasanya akan kehilangan kelembapan alaminya. Maka dari itu perlu dilakukan penambahan pelembap.

Kalau yang kulitnya berminyak harus pakai pelembap juga? Semua jenis kulit WAJIB pakai pelembap. Justru kulit berminyak itu akan semakin banyak keluar minyaknya kalau kulit kurang lembab. Minyak dikulit itu sebenarnya adalah alarm bahwa kulit kita itu dehidrasi/haus/kurang air. Ketika kulit dehidrasi, kelenjar minyak dikulit kita akan otomatis dapat alarm untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Tapi suka lengket kan ya kalau pakai pelembap tuh. Nah bisa diakalin kok pakai yang teksturnya gel, macam gel aloe vera. Udah banyak kan produk yang pakai aloe vera buat bahan skincare. Yang penting hidrasi untuk kulit kita cukup.

Oh iya manfaat punya kulit lembab itu selain mengontrol minyak juga menunda penuaan dini pada kulit. Jadi kulit yang terjaga kelembapannya akan lebih tidak mudah keriput gitu teman-teman.

Catatan khusus buat yang pergi ke daerah musim dingin, pelembap sangat penting karena diudara dingin kulit biasanya akan mudah kering. Dulu jaman ke Jepang pas musim dingin, muka saya yang berminyak aja jadi kering dan kayak ketarik-ketarik gitu kalau kurang lembap pakai skincarenya. Sama pas waktu di gunung yang notabene dingin kalau malam dan kalau kulit ketarik-ketarik gitu nggak nyaman jadinya. Kalau kasusnya di daerah musim dingin pakai pelembap yang kandungannya lebih “berat” karena kalau pakai pelembap yang bentuknya gel biasanya kurang nampol dan masih suka kering jadinya.

lenifey_aloevera gel
produk gel pelembap. gambar dikutip dari website nature republic

Sunscreen

Sebenernya ini tahapan yang paling penting tapi paling sering banget di skip sama banyak orang. Pakai tabir surya itu penting banget teman-teman. Kadang kita tuh hanya tahu kalo pakai tabir surya biar kulitnya enggak hitam. Sebenernya tabir surya tuh fungsinya buat memantulkan atau menyerap sinar ultraviolet (UV) biar enggak masuk kulit kita. Lah emang kenapa kalo sinar UV masuk ke kulit? Selain bisa menyebabkan terbakar dan kulit menghitam, sinar UV bisa juga meningkatkan resiko kanker kulit dan menyebabkan keriput.

Dalam tabir surya yang penting itu bukan hanya besaran SPFnya (Sun Protection Factor) saja. Tapi tanda plus dibelakang angka SPF. Contoh SPF 35+++ atau SPF 50++++. Semakin banyak tanda plusnya semakin baik. Walaupun tanda plusnya banyak tetap harus sering-sering dipakai ulang ya, apalagi kalau kegiatan outdoor. Untuk yang suka ke pantai jangan lupa pilih tabir surya yang waterproof. Biar enggak langsung ilang kena air. Jadi jangan skip lagi ya pakai tabir surya kalau mau jalan-jalan.

lenifey_tabir surya
Tabir Surya. Dikutip dari Laman Kao Indonesia

Lipbalm

Ini pasti yang terlihat paling lenjeh kalau dibawa cowok-cowok. Dulu saya selalu ada perasaan gimana gitu kalau lihat drama korea cowok-cowoknya suka pakai lipbalm. Ternyata lipbalm itu penting. Hahah

Kenapa cowok-cowok korea suka pakai lipbalm? Di Korea tuh 3 diantara 4 musimnya adalah musim dingin. Nah dicuaca yang dingin, bibir kita itu juga akan kering sama kayak kulit kita. Kalau bibir kering dan biarkan terus menerus itu bisa pecah dan berdarah. Makanya mereka suka bawa lipbalm di saku mereka.

lenifey_lipbalm
contoh lipbalm yang tersedia di pasaran. gambar dikutip dari website Nivea

Pas waktu saya ke Korea tahun lalu pun saya selalu bawa lipbalm dan handcream malah di saku baju saya. Segitu saja saya masih ngerasain bibir perih karena dingin, walaupun enggak sampai berdarah. Tangan pun saya sampai ngeletek dan berdarah dikulit yang dekat degan kuku jari. Segitu sudah pakai pelembap banyak-banyak.

Pengalaman seorang teman waktu kemaren ke Papandayan bibirnya ampe ngeletek karena dingin. Dia sampai minta pelembap bibir eh tapi malah pakai liptint. Jadi merah deh bibirnya. Tuh kan di Indonesia juga penting pakai lipbalm. Jadi jangan lupa bawa lipbalm daripada bibir kering dan nggak nyaman.

Sekian ringkasan basic skincare untuk dibawa liburan. Sekali lagi, bawa skincare bukan berarti kemayu atau kayak cewek loh teman-teman. Memakai skincare itu merawat apa yang dikasih Tuhan sama kita. Jangan malu ya pakai skincare, khususnya yang cowok. Kalo malu pakenya di kamar atau di kamar mandi aja. Jangan keliatan orang pokoknya. Hahah.

Semoga bermaanfaat. See you di artikel skincare selanjutnya. Hihihi.

12 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *